Rabu, 21 November 2012

JALAN SURGA




Sudah 2 minggu ini saya tak bertemu dengan si pandir, lalu tiba-tiba dia muncul datang ke rumahku, seperti biasa dia memang seringkali tiba-tiba menghilang ditelan bumi lalu tiba-tiba muncul kembali secara tak terduga, tapi justru inilah bagian terbaiknya, karena setiap kali dia tiba-tiba menghilang dan tiba-tiba muncul kembali saat itulah saya bakal mendapat ilmu dan pencerahan baru darinya.

Hei shob dari mana aja ente 2 minggu ini gak keliatan? Sapaku, si pandir menjawab, biasa shob saya sibuk menikmati hidup jawabnya dengan ringan dan dengan gayanya yang pecicilan. Oh saya kira ente lagi sibuk nyari dunia shob, demi mendapat jawaban saya itu tawa si pandir tiba-tiba pecah terbahak-bahak, lalu dia berkata shob-shob pantesan hidup ente gak pernah bahagia, lawong ente tuh kayak orang yang kalut ngobrak-ngabrik isi rumah nyari kacamata yang gak ketemu-ketemu karena sebenernya kacamatanya lagi ente pake, kemudian pecah lagi tawanya sambil terpingkal-pingkal. Loh kok, maksudnya?! Tanyaku sambil masang wajah bingung.

Si pandir lalu menghentikan tawanya lalu dia bertutur, shob ane mau cerita nih sama ente, suatu saat ada seekor ikan kecil yang muncul kepermukaan laut,saat itu dia mendapati sekelompok pelaut yang sedang menceritakan kisah pengalaman mereka mengarungi lautan dan menceritakan tentang dahsyatnya keindahan lautan, akhirnya sang ikan kecil menjadi sangat penasaran dan berhasrat mencari yang namanya lautan,akhirnya dia arungi seluruh samudera dan seluruh lautan yang ada di muka bumi ini untuk menemukan yang namanya lautan, dan dia bertanya pada banyak ikan yang ditemuinya dimana letaknya lautan, namun tak ada satupun yang tau jawabannya, hingga masa tua di ujung usianya dia tak jua menemukan dimana  itu lautan, dan dia pun akhirnya mati dalam keadaan berputus asa. Nah kira-kira menurut ente kenapa ikan itu gak nemuin yang namanya lautan? Tanya si pandir padaku.

Mendengar cerita dan pertanyaan si pandir itu giliran saya yang tertawa terpingkal-pingkal, bodoh sekali tuh ikan dan bodoh sekali pertanyaanmu, ya iyalah ikan itu gak akan pernah nemu yang namanya lautan, lawong apa yang dia lihat, apa yang dia hirup, apa yang dia sentuh, tempat dia tinggal, tempat dia hidup itulah lautan. mendengar jawabanku si pandir tersenyum senang, nah itu maksud saya shob, selama ini ente habiskan waktu, energy dan kehidupan ente karena kesibukan ente mencari dunia buat ente nikmati, padahal apa yang ente injek, apa yang ente liat, apa yang ente denger, apa yang ente hiru dan apa yang ente rasain itu semuanya adalah dunia, jadi yah mau ente cari sampe kapanpun yah ente gak bakalan nemu dan gak bakalan ngerasain bahagianya menikmati kehidupan dunia. Persis kaya ente ngobrak-ngabrik isi rumah nyari kacamata yang sebenernya lagi ente pake, nah jadi apa bedanya ikan bodoh itu sama ente shob? Kembali tawa si pandir membahana.

Saya pun terdiam malu demi menyadari kebodohan saya selama ini, jadi menurut ente bahagia itu apa dan gimana caranya biar bisa bahagia apa yang harus saya lakuin shob? tanyaku pada si pandir.
Dia balik bertanya padaku, shob tau kan rasanya manis? Wah bingung shob gimana saya jelasinnya, manis yah manis, kayak rasa gula, jawabku, nah jadi kira-kira menurut ente apa ente tau dulu gula itu manis baru nyoba nikmatin gulanya atau nyoba nikmatin gulanya baru ente tau kalau gula itu manis? Tanya si pandir lagi padaku, iya nyoba nikmatin dulu gulanya barulah saya tau kalau gula itu rasanya manis, dan saya tau rasa manis itu gimana.

Nah itulah rasa shob, rasa itu gak bakalan bisa rasio ente jelasin sama rangkaian kata-kata, dan rasa itu baru akan ente tau kalau ente udah nyoba shob, dan bahagia itu adalah rasa, ente gak akan bisa jelasin gimana bahagia kalau ente belum pernah menikmatinya, dan bahagia itu adalah tentang menikmati dan mensyukuri apa yang ada bukan yang belum ada, sekarang coba ente Tanya sama diri ente sendiri, selama ini kebahagiaan ente itu ditentukan oleh mimpi ente dan belum ente dapetin kemudian ente berusaha mendapatkan mimpi ente itu atau ditentuin oleh seberapa banyak yang ente punya sekarang dan ente bisa bener-bener menikmati dan mensyukurinya?

Bagaikan dipukul oleh godam besar kesadaranku mendengar serangkaian cerita, pertanyaan dan jawaban si pandir itu, ternyata saya salah selama ini, karena selama ini saya mengukur kebahagiaan itu dengan segala sesuatu yang belum saya punya dan saya mimpikan, lalu saya sibuk mengejarnya hingga lupa menikmati apa yang saya punya, padahal bahagia itu adalah tentang bagaimana menikmati apa yang ada.

Surga itu adalah kebahagiaan shob, jadi jalan surga itu adalah jalan kebahagiaan, dan salah satu jalan surga itu adalah bersyukur. Nah Jadi kira-kira pelajaran apa yang bisa ente ambil dari semua cerita barusan? Tanya si pandir padaku sambil kemudian pergi meninggalkanku yang sedang tertegun dan terkesima mendengar cerita barusan,dan sayapun langsung tersadar mendapat pertanyaan dari si pandir itu, hmmm sungguh pelajaran yang luar biasa berharga yang membuat saya seperti baru terbangun dari tidur dan mimpi panjangku.

“Dan Nikmat Tuhanmu yang manakah yang engkau dustakan?”

Pertapaan Aster 81 
1 Syuro 1433 Hijriyah
Bandung, 15 November 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar