Selasa, 12 Juli 2011

ROAD TO SUCCESS

Dulu waktu saya masih duduk dibangku SD (padahal sekarang juga saya masih ngalamin duduk2 dibangku sekolahan SD pinggir rumah saya) saya punya langganan pedagang es kaki lima (coba tebak kira2 makhluk apa ya yang punya lima kaki?) yang saya udah lupa namanya, saya inget pernah mengajukan beberapa pertanyaan ama dia soal apa sih cita2 dia?

Dia cerita, dia pengen punya duit buat beli roda sendiri, soalnya selama ini roda yang dia pake dagang dapet sewa, jadi kalo dapet untung harus dikurangin buat bayar roda,malah gak jarang kalo musim hujan dagangan dia sepi,jadi duit yang dia dapet buat bayar sewa roda aja gak cukup…

soal no.2:mang kalo udah punya roda kira2 pengen apa lagi?
Dia bilang kalo udah punya roda sendiri dia pengen punya modal buat bikin es sendiri, soalnya selama ini dia jualan dagangan orang, ya otomatis keuntungannya makin sedikit aja,soalnya harus di share sama yang punya roda and yang punya dagangan…

soal no.3: mang kira2 seandainya Tuhan kasih rejeki yang banyak, pengen jadi apa sih?
Kata dia seandainya Tuhan kasih dia banyak rejeki, dia pengen punya banyak roda buat disewain atau bisa jadi juragan es, ya syukur-syukur kalo bisa dua2nya, ya jadi juragan es,ya jadi juragan roda jg… katanya lagi kalo dia bisa jadi juragan kayak gitu dia bakalan bawa temen2 sekampungnya buat jualin dagangannya tanpa harus bayar sewa roda, soalnya dikampungnya banyak banget orang-orang pengangguran yang SD aj gak lu2s kayak dia,jadi jangankan ijasah, keahlian yang bisa dijual jg nggak ada, mau usaha juga gak punya modal. Makanya buat ngewujudin impiannya dia berusaha nyisihin hasil jualannya walaupun Cuma sedikit demi sedikit…

Pas saya udah du2k dibangku kuliah saya keingetan lagi obrolan sama pedagang es langganan saya itu, terus saya jadi mikir, simple banget ya cita2 dia, cita2nya sesuai dengan kondisi&kehidupan yang dia jalanin, gak muluk2 dan gak terlalu sulit buat diwujudinnya…saya mikir kalo dia sukses ngumpulin duit sampe akhirnya dia punya punya roda sendiri, duit yang biasa dia sisihin buat sewa roda bisa tetep dia sisihin buat modal produksi es sendiri, so kalo udah punya roda sendiri dan produksi es sendirikan tinggal ngumpulin duit buat modal nambah jumlah roda dan jumlah produksi secara bertahap, dan jadilah dia juragan buat dirinya dan para pedagang yang jadi anak buahnya, dan berkuraglah jumlah pengangguran di kampungnya…

Dari sini saya dapet pelajaran yang sangat berharga banget buat hidup saya…
1. Ada pepatah yang nyebutin gantungkanlah cita2 setinggi langit, qt boleh mimpi jadi apapun, tetapi harus diimbangi dengan keyakinan dan usaha yg seimbang,klo nggak efek negatifnya kalo gak kesampaian akhirnya kita bisa kena virus stress dan menjadi seorang pemimpi.Kita harus membuat mimpi kita jadi  realistis apalagi kalo kamu pernah belajar yang namanya analisis SWOT, maka kamu pasti belajar bahwa kalo kamu punya tujuan harus sesuatu yang sesuai dengan kapasitas kita, karena kalo nggak bukan Cuma cita2 yang ngegantung, tapi gak nutup kemungkinan malah qt nekat gantung diri…wuiiihh Seree…m!!!! Makanya kita harus terus naikin kapasitas diri kita buat bisa wujudin semua mimpi2 kita.

2. Si ma2ng penjual es Itu, walaupun hidupnya sendiri serba sulit tetapi dia bisa mensyukuri dan menikmati kehidupannya, udah gitu masih mau mikirin dan meerhatiin kesulitan orang lain. Di sisi lain banyak saya lihat orang yang hidupnya serba terfasilitasi bahkan hartanya berlebih, tapi dia selalu merasa kekurangan sehingga dia gak bisa ngerasain kenikmatan hidup yang sesungguhnya, karena secara gak sadar dia udah jadi budak materi, boro2 dia bisa mikirin kesulitan orang lain hidupnya aja masih kesulitan…

3. Yang jadi masalah dalam hidup ini bukan bagaimana cara kita mencari kenikmatan hidup, tetapi bagaimana cara kita bisa nikmatin hidup ini bagaimanapun caranya. Udah gitu bukan hanya berfikir kita mencari keuntungan dari orang lain, tetapi bagaimana kita bisa berbagi dengan orang lain, soalnya kalo kamu udah bisa berbagi sama orang lain, berarti sebenarnya hidup kita ini sudah lebih dari cukup and gak perlu ngerasa kekurangan lagi. Jadi gak ada alasan buat kita gak bisa nikmatin hidup ini…

4. Kalo bikin cita2 sebisa mungkin bikin tahapan2 target, kayak si ma2ng penjual es, dia pengen jd juragan yang punya banyak roda&bisa produksi es sendiri, Cuma sebelum sampe kesitu dia Cuma bikin target punya roda sendiri dulu, baru yang lainnya nyusul step by step, jadi jelas apa yang kudu qt prioritasin buat diwujudin and bakal lebih mudah buat nentuin langkah2 yang harus ditempuh. Selain itu setiap kali qt bisa sukses mencapai tiap tahap, so pasti qt bakal ngerasain sensasi kepuasan&kenikmatan hidup, udah gitu qt jg bakal terus punya cita2 yg baru and qt jg bakal pasti bisa semakin merasa beryukur akan apa yang qt dapat…

5. Ternyata gak Cuma orang-orang berpendidikan dan orang2 sukses aja yang bisa di jadiin sokoguru buat kehidupan,bahkan seorang pedagang kaki lima yang gak berpendidikan jg bisa jadi guru buat kehidupan. Bahkan kalo saya gak salah baca, Ir. Soekarno menjadi besar dengan ajaran marhaenismenya karena belajar dari seorang petani kampung bernama marhaen…(maap ya klo salah)

6. Ternyata saya baru sadar kalo sebenernya dari kecil saya udah punya bakat jadi wartawan ato intelijen yg pinter ngorek-ngorek keterangan dari orang…??!!! Guubraag (Virus N 4 R 5 1 5 mulai bereaksi)

MAKASIH BANYAK YA MAMANG PENJUAL ES, Semoga suatu saat Allaah ngasih qt kesempatan buat ketemu lagi...
Pertapaan Aster 81, Februari, 2009

Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar